Menu

BERKUNJUNG KE MCDONALD TERTUA DI DUNIA YANG MASIH BERJAYA HINGGA SAAT INI

Restoran McDonald’s tertua yang ada di bumi ada di sebuah kota bernama Downey, sekitar 15 menit berkendara ke tenggara Downtown Los Angeles. Anda mungkin bahkan tidak mengenalinya sebagai McDonald’s saat mengemudi sepertinya gubuk burger pinggir jalan California khas Anda, tetapi tampilan dan nuansa McDonald’s modern, sebagaimana disempurnakan oleh Ray Kroc, entah bagaimana tidak mencapai waralaba khusus ini. Fontnya berbeda; tanda menampilkan satu parabola kuning besar keluar dari tanah bukannya ikon Stanley Clark Meston “Golden Arches.” Tidak ada atap mansard. Dan ada maskot koki kecil berwajah bulan yang berparade di atas papan nama (namanya Speedee, jika Anda bertanya-tanya). Ini pra-Kroc, O.G. McDonald.

McDonald’s ini, di sudut Lakewood Blvd dan Florence Ave di Downey, dibuka pada tahun 1953 oleh Roger Williams dan Bud Landon. Itu adalah restoran ketiga yang diwaralabkan oleh Richard dan Maurice McDonald, yang mendirikan rantai tersebut pada tahun 1948. Restoran Downey, kemudian, adalah McDonald’s tertua keempat tetapi tetap yang tertua masih berdiri sampai sekarang. Di stand hamburger walk-up asli di San Bernardino, hanya tanda aslinya yang tersisa.

McDonald 1

Selama bertahun-tahun, lokasi ini sedikit meriam dan mampu mempertahankan tampilan dan nuansa asli karena tidak dilisensikan melalui Ray Kroc, yang membeli waralaba McDonald’s pada tahun 1961. Waralaba itu diwaralaba melalui perjanjian asli dengan saudara-saudara McDonald, yang berarti bahwa ia tidak harus mengikuti dengan persyaratan modernisasi korporasi.

✔¬†McDonald’s independen terakhir yang tersisa dalam rantai

McDonald’s mengadopsi lengkungan emas; franchise Downey tidak harus. Restoran McDonald’s di mana-mana mengadopsi Big Mac pada akhir 1960-an; franchise Downey tidak dan penjualan ditandai sebagai hasilnya. Restoran itu dalam bahaya ditutup selama bertahun-tahun, sampai Kroc mendapatkannya pada tahun 1990. Ini adalah McDonald’s independen yang tersisa dalam rantai.

Saat ini, menunya sesuai dengan McDonald’s lainnya. Pengecualian tunggal adalah pai apel; McDonald’s mulai memanggang pai apel mereka pada tahun 1992, alih-alih menggorengnya dalam-dalam. Anda masih bisa mendapatkan pai apel goreng di Downey. Burger, kentang goreng dan sarapan semuanya sesuai dengan sisa waralaba.

Ada tanda besar di jendela di atas meja yang membandingkan harga barang-barang tahun 1955 dengan harga hari ini, gas yang digunakan harganya 20 sen per galon, sekarang harganya $ 2,50. Sepotong roti berharga 18 sen, sekarang harganya $ 2,75. Hamburger McDonald’s, yang dulunya berharga 15 sen, sekarang berharga 95 sen. Bahkan dengan harga 95 sen, Anda bisa mendaftar di link alternaitf sbobet dan mendapatkan uang lebih banyak dari permainan judi dan membeli hamburger sebanyak yang Anda mau. Kemudian, dengan huruf besar, merah dan tebal, “Hamburger hamburger 95 sen kami adalah nilai yang lebih baik hari ini daripada pada tahun 1955 saat itu adalah 15 sen!”

McDonald 2

Tentang hamburger itu, apakah masih ada alasan untuk hamburger McDonald’s asli? Ini keping coklat shuffleboard, pada dasarnya, sebuah lingkaran tipis, bentuk sempurna, dicap-out yang sebenarnya hanya nama hamburger saja. Big Mac, yang telah menderita selama gelombang fanatisme anti-karbohidrat yang bergelombang selama lebih dari 15 tahun terakhir, lebih baik dan tetap klasik. Jangan lupa bagaimana Big Mac tampak membingungkan dan benar-benar dekaden ketika Anda masih kecil. Ya, itu telah meledak keluar dari air sejak lama oleh perlombaan senjata burger terbesar dan paling cabul, tetapi dua roti daging sapi, saus spesial, selada, keju, acar, bawang pada roti biji wijen akan selamanya mewakili apa artinya menjadi orang Amerika. Ya, McDonald’s memberi tahu kami, Anda bisa meletakkan burger lain di atas burger yang ada.

Ada sebuah museum kecil di restoran Downey, penuh dengan mainan, artefak, iklan lama dan video tentang Ray Kroc yang diputar dalam satu lingkaran. “Ray Kroc banyak hal …” Aku mendengar dari pengeras suara ketika aku berjalan ke tampilan lorong sempit. “… tapi ‘menawan’ bukan salah satu dari mereka.”

✔¬†McDonald’s, baik atau buruk, membuka jalan bagi obsesi Amerika akan makanan yang murah dan cepat

McDonald’s, sementara masih menjadi raja yang berkuasa, sekarang terkepung, penjualan yang merosot, menu yang ketinggalan zaman dan pendatang baru pembuat burger yang inovatif seperti Shake Shack dan Five Guys telah sedikit mengetuk waralaba. Protes upah di seluruh dunia kemarin, sementara fokus pada seluruh industri makanan cepat saji, membuat McDonald’s, khususnya, dalam garis bidik mereka.

Ketika orang berpikir “McDonald’s” mereka biasanya tidak berpikir “inovatif,” tetapi mereka harus. McDonald’s, baik atau buruk, membuka jalan bagi obsesi orang Amerika akan makanan yang murah dan cepat. Ini memelopori seluruh estetika bersama burger ubin merah dan putih yang membuat California terkenal dan hidup hari ini di waralaba seperti In-N-Out. Ini memenuhi budaya mobil yang berkembang di L.A. dengan menciptakan jendela walk-up untuk penumpang yang terburu-buru, dan kemudian secara luas menyebarkan drive-through. Ini agak seperti Rolling Stones sekarang: dulu hebat, muda, dan lapar; sekarang raksasa tak tersentuh, kaya yang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan dirinya sendiri, uangnya, dan klien yang menua. Hanya saja, jangan lupa bahwa dulu McDonald’s itu hebat.